Selasa, 20 Desember 2016

Tujuan Sosiologi Pendidikan



Tujuan Sosiologi Pendidikan
1.      Sosiologi Pendidikan Sebagai Analisis Proses Sosialisasi
Diantara para ahli sosiologi pendidikan ada yang berpendapat bahwa seluruh proses sosiologi anak-anak merupakan pusat perhatian bidang studi in. mereka in mengutamakan proses bagaimana kelompok-kelompok sosial mempengaruhi kelakuan individu-individu. Francis Brown antara lain mengemukakan bahwa “ sosiologi pendidikan memperhatikan pengaruh keseluruhan lingkungan budaya sebagai tempat dan cara individu memperoleh dan mengorganisasi pengalamannya”. Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang berusaha mengetahui “ cara-cara mengendalikan proses pendidikan unbtuk memperoleh perkembangan kepribadian individu yang lebih baik”.
2.      Sosiologi Pendidikan Sebagai Analisi Kedudukan Pendidikan Dalam Masyasrakat.
L.A. Cook mengutamakan fumgsi lembaga pendidikan dalam masyarakat dan menganalisis hubungan sosial antara sekolah dengan berbagai aspek masyarakat. Penganut konsep in misalnya menyelidiki hubungan antara masyarakat pedesaan atau lingkungan tertentu di kota dengan sekolah rendah dan menengah.
3.      Sosiologi Pendidikan Sebagai Analisis Interaksi Sosial Di Sekolah Dan Antara Sekolah Dengan Masyarakat.
Di sini diusahakan menganalisis pola-pola interaksi sosialdan peranan sosial dalam masyarakat sekolah dan hubungan orang-orang di dalam sekolah dengan kelompok-kelompok di luar sekolah.


4.      Sosiologi Pendidikan Sebagai Alat Kemajuana Dan Perkembangan Sosial
Pada mulanya ahli sosiologi memandang pendidikan sosiologi sebagai bidang studi yang memberi dasar bagi kemajuan sosial dan pemecahan-pemecahan masalah sosial. Pendidikan dianggap sebagai badan yang sanggup memperbaiki masyarakat. Pendidikan merupakan alat untuk mencapai kemajuan sosial. Sekolah dapat dijadikan alat kontrol sosial yang membawa kebudayaan ke puncak yang setinggi-tingginya.
5.      Sosiologi Pendidikan Sebagai Dasar Untuk Menentukan Tujuan Pendidikan
Sejumlah ahli memandang sosiologi pendidikan alat untuk menganalisi tujuan pendidikan secara objektif. Mereka mencoba mencapai suatu filsafat pendidikan berdasarkan analisis masyarakat dan kebutuhan manusia.
6.      Sosiologi Pendidikan Sebagai Sosiologi Terapan
Sejumlah ahli merumuskan sosiologi pendidikan sebagai aplikasi sosiologi terhadap masalah-masalah pendidikan, misalnya mengenai kurikulum. Sosiologi pendidikan dianggap bukan ilmu murni akan tetapi selalu sebagai ilmu yang diterapkan untuk mengendalikan pendidikan.
7.      Sosiologi Pendidikan Sebagai Latihan Bagi Petugas Pendidikan
Menurut F.G. Robbins dan Brown dengan ssiologi pendidikan dimaksud ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalamannya. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsp untuk mengontrolnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar