Tujuan Sosiologi Pendidikan
1.
Sosiologi Pendidikan Sebagai Analisis Proses Sosialisasi
Diantara para ahli sosiologi pendidikan ada yang berpendapat bahwa
seluruh proses sosiologi anak-anak merupakan pusat perhatian bidang studi in. mereka
in mengutamakan proses bagaimana kelompok-kelompok sosial mempengaruhi kelakuan
individu-individu. Francis Brown antara lain mengemukakan bahwa “ sosiologi
pendidikan memperhatikan pengaruh keseluruhan lingkungan budaya sebagai tempat
dan cara individu memperoleh dan mengorganisasi pengalamannya”. Sosiologi
pendidikan adalah ilmu yang berusaha mengetahui “ cara-cara mengendalikan
proses pendidikan unbtuk memperoleh perkembangan kepribadian individu yang
lebih baik”.
2.
Sosiologi Pendidikan Sebagai Analisi Kedudukan Pendidikan Dalam
Masyasrakat.
L.A. Cook mengutamakan fumgsi lembaga pendidikan dalam masyarakat
dan menganalisis hubungan sosial antara sekolah dengan berbagai aspek
masyarakat. Penganut konsep in misalnya menyelidiki hubungan antara masyarakat
pedesaan atau lingkungan tertentu di kota dengan sekolah rendah dan menengah.
3.
Sosiologi Pendidikan Sebagai Analisis Interaksi Sosial Di Sekolah
Dan Antara Sekolah Dengan Masyarakat.
Di sini diusahakan menganalisis pola-pola interaksi sosialdan
peranan sosial dalam masyarakat sekolah dan hubungan orang-orang di dalam
sekolah dengan kelompok-kelompok di luar sekolah.
4.
Sosiologi Pendidikan Sebagai Alat Kemajuana Dan Perkembangan Sosial
Pada mulanya ahli sosiologi memandang pendidikan sosiologi sebagai bidang
studi yang memberi dasar bagi kemajuan sosial dan pemecahan-pemecahan masalah
sosial. Pendidikan dianggap sebagai badan yang sanggup memperbaiki masyarakat.
Pendidikan merupakan alat untuk mencapai kemajuan sosial. Sekolah dapat
dijadikan alat kontrol sosial yang membawa kebudayaan ke puncak yang
setinggi-tingginya.
5.
Sosiologi Pendidikan Sebagai Dasar Untuk Menentukan Tujuan
Pendidikan
Sejumlah ahli memandang sosiologi pendidikan alat untuk menganalisi
tujuan pendidikan secara objektif. Mereka mencoba mencapai suatu filsafat
pendidikan berdasarkan analisis masyarakat dan kebutuhan manusia.
6.
Sosiologi Pendidikan Sebagai Sosiologi Terapan
Sejumlah ahli merumuskan sosiologi pendidikan sebagai aplikasi
sosiologi terhadap masalah-masalah pendidikan, misalnya mengenai kurikulum.
Sosiologi pendidikan dianggap bukan ilmu murni akan tetapi selalu sebagai ilmu
yang diterapkan untuk mengendalikan pendidikan.
7.
Sosiologi Pendidikan Sebagai Latihan Bagi Petugas Pendidikan
Menurut F.G. Robbins dan Brown dengan ssiologi pendidikan dimaksud
ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang
mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalamannya.
Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsp untuk
mengontrolnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar