Selasa, 20 Desember 2016

Problema Pembelajaran Ips



Problema Pembelajaran Ips
Sebenarnya kurikulum (ips) 2004 sudah melihat kemungkinan (mengantisipasi), setidaknya untuk sementara waktu untuk bebrapa tahun ke depan dalam hal fenomena yang ada baik di tingkat masyarakat lokal, nasional, maupun global. Tetapi itu hanya kurikulum dalam bentuk ide dan dokumen, namun dalam bentuk kurikulum sebagai implementasi, masih akan sangat dipengaruhi oleh beberapa masalah yaitu:
1.      Sebagian besar guru IPS belum terampil menggunakan beebrapa model mengajar seperti cooperative learning, inquiry, problem solving, atau dengan menggunakan pendekatan perspektif global misalnya.
2.      Ketersediaan alat dan bahan belajar disebagian besar sekolah, ikut mempengaruhi proses belajar mengajar IPS.
3.      Karena kedua poin tersebut, proses belajar mengajar IPS masih dilakukan dalam bentuk pembelajaran konvensional, sehingga peserta didik hanya memperoleh hasil secara fatual saja, dan tidak mendapat hasil proses.
4.      Dalam hal implementasi atau pelaksanaan kurikulum in guru yang mendapat sosialisasi  dalam bentuk penataran atau diklat sangat terbatas sekali, sehingga faktor in juga menyebabkan mereka masih belum memahami hakikat kurikulum baru in sebagaimana mestinya.
5.      Sebagian besar masyarakat Indonesia mengadaptasi atau mengadopsi budaya dan peradaban asing yang mulai merambah secara global, karena berbenturan dengan nilai-nilai tradisi ataupun agama.
Dari uraian diatas dapat disimpukan bahwa masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran IPS disebabkan oleh guru itu sendiri, fasilitas sekolah, dan budaya-budaya asing yang berdatangan ke Indonesia. Pembelajaran IPS akan menarik perhatian peserta didik sebenarnya ada pada seorang guru, dimana guru harus mampu memiliki kemampuan problem solving, dimana guru memahami apa saja yang diinginkan oleh oeserta didik agar terciptanya kelas yang aktif dan peserta didik memahami apa yang diajarkan oleh guru tersebut. Meskipun tantangan global bukan hal yang mudah untuk dipecahkan, setidaknya seorang guru memiliki kemampuan mengendalikan kelas agar pesertas didik fokus pada pembelajaraan terutama pembelajaran IPS

Daftar Pustaka: Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan Ips (Filosofi, Konsep, Dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar