Problema Pembelajaran Ips
Sebenarnya
kurikulum (ips) 2004 sudah melihat kemungkinan (mengantisipasi), setidaknya
untuk sementara waktu untuk bebrapa tahun ke depan dalam hal fenomena yang ada
baik di tingkat masyarakat lokal, nasional, maupun global. Tetapi itu hanya
kurikulum dalam bentuk ide dan dokumen, namun dalam bentuk kurikulum sebagai
implementasi, masih akan sangat dipengaruhi oleh beberapa masalah yaitu:
1.
Sebagian
besar guru IPS belum terampil menggunakan beebrapa model mengajar seperti cooperative
learning, inquiry, problem solving, atau dengan menggunakan pendekatan
perspektif global misalnya.
2.
Ketersediaan
alat dan bahan belajar disebagian besar sekolah, ikut mempengaruhi proses
belajar mengajar IPS.
3.
Karena
kedua poin tersebut, proses belajar mengajar IPS masih dilakukan dalam bentuk
pembelajaran konvensional, sehingga peserta didik hanya memperoleh hasil secara
fatual saja, dan tidak mendapat hasil proses.
4.
Dalam
hal implementasi atau pelaksanaan kurikulum in guru yang mendapat
sosialisasi dalam bentuk penataran atau
diklat sangat terbatas sekali, sehingga faktor in juga menyebabkan mereka masih
belum memahami hakikat kurikulum baru in sebagaimana mestinya.
5.
Sebagian
besar masyarakat Indonesia mengadaptasi atau mengadopsi budaya dan peradaban asing
yang mulai merambah secara global, karena berbenturan dengan nilai-nilai
tradisi ataupun agama.
Dari uraian diatas dapat disimpukan bahwa masalah-masalah yang
timbul dalam pembelajaran IPS disebabkan oleh guru itu sendiri, fasilitas
sekolah, dan budaya-budaya asing yang berdatangan ke Indonesia. Pembelajaran
IPS akan menarik perhatian peserta didik sebenarnya ada pada seorang guru,
dimana guru harus mampu memiliki kemampuan problem solving, dimana guru
memahami apa saja yang diinginkan oleh oeserta didik agar terciptanya kelas
yang aktif dan peserta didik memahami apa yang diajarkan oleh guru tersebut.
Meskipun tantangan global bukan hal yang mudah untuk dipecahkan, setidaknya
seorang guru memiliki kemampuan mengendalikan kelas agar pesertas didik fokus
pada pembelajaraan terutama pembelajaran IPS
Daftar Pustaka: Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan Ips (Filosofi,
Konsep, Dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar