Belakangan ini peserta didik banyak yang melupakan tujuannya pergi
ke sekolah. Mereka hanya menjalankan kewajibannya saja yaitu “pergi
sekolah”. Mereka hanya menjalankan apa
yang diperinahkan oleh orangtuanya saja tanpa memikirkan apa tujuan dia
berangkat sekolah? Apa yang didapat di sekolah? Itu bukan menjadi hal yang
penting bagi peserta didik. Namun niat tersebutlah yang menunjukkan hal dari
peserta didik itu bersekolah / berpendidikan.
Tuntutan bagi
peserta didik agar mereka menyadari bahwa mereka sedang melakukan proses
belajar sangat penting untuk dapat melihat potensi sebenarnya dari peserta
didik itu sendiri. Tidak akan terlihat kemampuan peserta didik jika mereka
dalam proses belajarnyapun tidak serius atau dapat dikatakan ‘tidak sadar’ jika
mereka sedang melakukan proses belajar. Hal itun akan menimbulkan tidak
sempurnanya proses transformasi materi atau nilai-nilai yang diberikan oleh
pendidik kepada peserta didik.
Ketidak sadaran
peserta didik adalah masalah yang pentiing karena sadar tidaknya peserta didik
dalam proses belajar adalah menentukan baghaimana si peserta didik kedepannya.
Guru harus mampu membangun kesadaran para peserta didik agar dapat berperan
penting dalam proses belajar di kelas. Peserta didik harus mampu mengutarakan
pendapatnya dalam setiap materi pembelajaran. Setidaknya mereka dapat memahami
secara garis besdar tentang materi yang dipelajari saat itu. Hal tersebut akan
menimbulkan kesadarasn peserta didik dalam proses belajar di kelas. Jika dalam kelas
peserta didk sadar akan peranya di dalam kelas. Maka akan tercipta suasana
belajar yang nyaman, tentram, efektif, dan efisien. Serta akan dapat tercapai
tujuan-tujuan dari pembelajaran tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar